Penyebab dan cara mengatasi layar sentuh (touchscreen) android yang error


        Selamat pagi para pembaca ahli kabar , lebih dari seminggu saya belum update artikel , dan sekarang saya muncul membawa kabar yang cukup penting yaitu cara mengatasi layar smartphone error , layar smatphone gerak gerak sendiri , layar smartphone kadang tidak bisa disentuh, semoga artikel saya ini bisa membantu menjelaskan tentang penyakit hape seperti itu :3 karena saya sendiri pernah mengalaminya, dan mengesalkan memang jika enak-enak mengetik kemudian layar gerak sendiri dan kadang gak bisa dipencet :') saya cari solusi sana sini , searching di google , dan pada akhirnya saya merangkum semua solusi yang ada di google satu per satu , simak saja ya ? yuk

Sebelum saya lanjut ke cara mengatasinya , saya akan memberi penjelasan penyebab layar error atau bengong (gak bisa disentuh)

1. Kerusakan pada charger (sering ganti charger)

        Iya , memang charger sangat berpengaruh terhadap kondisi touchscreen smartphone kalian , apa hubungannya charger sama touchscreen? , jelas ada , tapi jika anda sekarang memakai charger original bawaan hape kalian sendiri saya rasa tidak usah khawatir terhadap masalah charger ini , karena charger yang ori pasti sudah sesuai dengan kebutuhan tegangan batre hape kalian, jadi yang saya maksud charger bisa merusak touchscreen karena hape anda terlalu sering pajkai charger yang tidak original (bawaan hape) , kenapa charger yang tidak ori bisa merusak layar sentuh smartphone?
untuk menjawab pertanyaan tersebut langsung saja baca postingan saya bulan lalu -Akibat terlalu sering menggunakan charger yang tidak original-


 2. Kerusakan pada baterai 

       Bterai juga berpengaruh terhadap errornya handphone anda, karena jika baterai rusak tegangan (arus listrik) yang diberikan baterai kepada hape anda jadi naik turun (kadang tinggi kadang rendah) yang mengakibatkan suatu hardware tidak berjalan dengan semestinya termasuk si touchscreen tersebut, biasanya errornya ditandai mdengan layar pencet-pencet sendiri :D

3. Kinerja RAM terlalu berat  

      RAM (Random Acces Memory) juga berpengaruh lo terhadap kinerja touchscreen kalian, yang menyebabkan touchscreen error biasanya  ya itu kebanyakan aplikasi yang berjalan , dampaknya jadi touchscreen susah bergerak , bergerak pun kadang cuman dikit :3 , gejalanya adalah layar tidak bisa disentuh , disentuh sih bisa, tapi gak bisa gerak hm

4. Pernah terjatuh atau terkena air  

     Kalau yang ini sih pasti kalian semua pasti juga sudah tau ya , layar sentuh error setelah terjatuh itu memang hal yang wajar , karena hardware dari touchscreen sendiri memang rentan rusak (mudah rusak) , ada 3 akibat hape terjatuh kepada touchscreen , pertama hape tidak mengalami gangguan setelah terjatuh (yaelah :D) , kedua hape mengalami deadtspot, apa itu deadspot?  deadspot adalah istilah untuk touchscreen yang tidak bisa disentuh di area terntentu , misal di kanan bawah , di atas sebelah kiri dll , dan yeng ketiga adalah deadtouch , kalau deadtouch sih udah keliatan apa itu artinya dilihat dari namanya haha yaiutu layar mati :') (saya pernah ngalamin tjoy) :')


       Ya itu lah kira-kira penyebab dari errornya touchscreen , lantas bagaimana cara mengatasinya? , oke, langsung saja saya jabarkan juga cara mengatasinya , simak ya om :3

 BACA JUGA : Kode rahasia di dalam android , wajib mencoba !

Cara mengatasi touchscreen yang error  

    Yang pertama kira-kira dulu kemungkinan touchscreen rusak karena apa , dengan itu kita bisa mengobati touchscreen yang error tersebut , tapi tunggu sebentar , cara cara yang saya berikan bukan untuk touchscreen yang emang udah bener2 gak bisa di pakai (deadtouch) lo, karena kalau sudah deadtouch ya harus ganti touchscreen hehe

      Sudah ketemu penyebabnya? oke, anggap saja yang pertama penyebabnya dari charger , solusi yang tepat jika kerusakan layarsentuh dikarenakan charger adalah segeralah ganti charger yang ori , karena apa? sudah saya beri tahu di postingan saya sebelumnya , dan link juga sudah saya berikan diatas, kunjungi saja siapa tau memberi pencerahan hehe

      Jika penyebabnya dikarenakan baterai? sudah pasti harus ganti lah kalau baterai , karena baterai kalau rusak ya rusak gak bisa diperbaiki lagi , jadi mau gak mau ya harus ganti baterai. hehe

      Kalau karena keberatan RAM ? ini sebenarnya banyak yang mengalami, layar error gara-gara RAM terlalu bekerja berat, tapi banyak juga yang gak tau jika penyebabnya sepeleh yaitu beban RAM. Cara mengatasinya adalah, hapus aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting , jangan paksakan download game game padhal kalian sendiri tau RAM nya tinggal dikit , kalau saya sih suka cara yang terakhir ini yaitu lakukan Factory reset atau hard restart , perlu di catat jika melakukan factory reset data anda akan hilang semuanya , hape akan menjadi seperti baru beli. Maka kinerja hape anda akan wuss aja kalau udah gak ada aplikasi yang tersisa , kemudian cukup install aplikasi yang penting-penting aja :3 

 BACA JUGA : Cara meningkatkan kecepatan interet di android

     Oke, Sekian dulu pembahasan tentag layar sentuh ini , semoga bermanfaat dan membantu para pembaca ahli kabar sekalian , jika ada salah kata mohon dimaklumi , jika anda ingin bertanya langsung saja bertanya di kolom komentar , Terimakasih dan maaf hehe

9 Responses to "Penyebab dan cara mengatasi layar sentuh (touchscreen) android yang error"

  1. Terima kasih infonya, untuk saat ini layar sentuh android saya belum pernah bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gan, jaga aja touchscreennya hehe

      Delete
  2. Nice info gan! bisa di coba nih buat hp ane kalau sewaktu2 kena kendala seperti itu

    ReplyDelete
  3. kyaknya baterai ane rusak deh btw thanks infonya gan....

    ReplyDelete
  4. Tadi pas gue maen hp ,lancar2 saja terus lowbat..langsung saja gue pinjem charger tmn lalu gue chas ... setelah beberapa menit hp gue buka eh tiba2 layarnya ga bisa di apa2in ga bisa digeser ... cuma bisa nekan tombol home power sama volume ... kira2 ini penyebab kerusalan apa ya?

    ReplyDelete
  5. Charger😄 itu penye bab nya😁

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai isi topik jika tidak ingin dianggap spam , terimakasih.....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel